Bahasa Indonesia 9538

TUGAS 1
-Penulisan Rancangan Artikel Jurnal-

Judul skripsi : SIMULATOR ANTARMUKA KOMPUTER MENGGUNAKAN PPI 8255 DAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ANTARMUKA.
Penulis : NURUL ROSITA
Nomor registrasi : 5215052079
Tahun lulus : 2010
Bidang studi : Pendidikan Teknik Elektronika
Nama pembimbing skripsi :
1. Bapak Muhammad Yusro, M.T
2. Bapak Drs. Pitoyo Yuliatmojo, M.T     



TUGAS 2 (Telaah Kebahasaan Skripsi yang ditelaah dan 

Pembentukkan Istilah dan Pengembangan Definisi dalam Penelitian)


Bab 1, hal 2 : Dan pada pengalaman ini, banyak indera kita yang terlibat.
Perubahan : Dan pada pengalaman ini, alat indera kita turut terlibat.
Bab 1, hal 3 : Pembelajaran dengan menggunakan simulator banyak keuntungan. Teori dalam Teknik Antarmuka dapat langsung di praktikan. Pembelajaran praktik juga lebih menyenangkan serta mudah dipahami.
Perubahan : Pembelajaran dengan menggunakan simulator banyak memperoleh kelebihan seperti Teori Teknik Antarmuka dapat langsung dipraktikan dan pembelajaran praktik lebih menyenangkan serta mudah dipahami.

Bab 1, hal 3 : Pembelajaran media begitu penting untuk meningkatkan hasil belajar.
Perubahan : pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar.
Bab 2, hal 7 : Proses tersebut bisa didapatkan dari media belajar yang digunakan berupa audio, visual, audio-visual, teknologi berbasis komputer lainnya.Perubahan : Media belajar audio, visual, audio-visual, teknologi berbasis komputer dan sebagainya turut serta dalam mempengaruhi pada proses pembelajaran.

 Bab 2, hal 17 : Tujuan intruksional umum dari mata kuliah Teknik Antarmuka yaitu setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa dapat memahami perangkat antarmuka dan peripheral dengan baik.
Perubahan : Tujuan intruksional umum dari mata kuliah Teknik Antarmuka yaitu mahasiswa dapat memahami perangkat antarmuka dan peripheral dengan baik setelah mengikuti perkuliahan ini.

TUGAS 2A (Telaah Kebahasaan Skripsi yang ditelaah dan 
Pembentukkan Istilah dan Pengembangan Definisi dalam Penelitian)


1. Port
Definisi : Sekumpulan jalur sinyal yang digunakan untuk mikroprosesor atau CPU untuk pertukaran data   dengan komponen atau peralatan lain yang bertindak sebagai antarmuka komputer dan perlatan atau komputer lain.

2. Peripheral menjadi Periferal
    definisi : piranti yang dihubungkan ke komputer.

3. Teknologi adalah pembuatan, penggunaan, dan pengetahuan alat, mesin, teknik, pertukangan, sistem, atau metode organisasi untuk menyelesaikan suatu masalah atau mengerjakan suatu fungsi tertentu. Teknologi dapat juga merujuk pada kumpulan alat, permesinan, dan prosedur.

4. Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

5. Hardware adalah “perangkat keras”
    definisi :  salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi
   

TUGAS 3
 -Memperbaiki Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan-

-Memperbaiki Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan-
1. Kesalahan dalam spasi terdapat di halaman 1
Faktor-faktor ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana untuk tercapainya tujuan-tujuan belajar yang telah di rencanakan yang benar.
Seharusnya penulisannya :
Faktor-faktor, tujuan-tujuan (tidak menggunakan spasi)

2. Kesalahan dalam spasi untuk suatu kata terdapat di halaman 8 :
Media pendidikan memiliki pengertian fisik yang dewasa ini dikenal sebagai hardware (perangkat keras), yaitu suatu benda yang dapat dilihat, didengar, atau diraba dengan pancaindera.
Seharusnya Penulisannya :
panca indera. (menggunakan spasi)

3. Kesalahan kurang tanda baca terdapat di halaman 8 :
Media pendidikan dapat digunakan secara masal
Seharusnya Penulisannya :
masal. (menggunakan titik di akhir kalimat)

4. Kesalahan Penulisan (EYD) terdapat di halaman 8-9 :
Gerlatch dan Ely (1971) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu (atau kurang efisien) melakukanya,
Seharusnya Penulisannya :
(kurang efisien) - > tidak perlu menggunakan atau jika sudah menggunakan dalam kurung.

5.Kesalahan dalam spasi kata terdapat di halaman 9 :
Kemampuan media dari ciri manipulatif memerlukan perhatian sungguh-sungguh karena apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan kembali urutan kejadian atau pemotongan bagian-bagian yang salah, maka akan terjadi pula kesalahan penafsiranyang tentu saja akan membingungkan bahkan menyesatkan sehingga dapat mengubah sikap mereka ke arah yang dapat diinginkan. Seharusnya Penulisannya :
penafsiran yang (seharusnya tidak pakai spasi)

6. Kesalahan Hurur Miring terdapat di halaman 12 :
Port PC adalah port baca/tulis (read/write), PS adalah port baca saja (read only), sedangkan port  DP adalah port baca/tulis juga. Seharusnya Penulisannya : (read/write) -> huruf miring untuk kata serapan
7. Kesalahan penempatan spasi :
Agar sebuah komputer dapat berkomunikasi dengan perangkat luar  ( peripheral ) maka diperlukan sebuah perantara (intreface) I/O sebagai penghubung. Seharusnya penulisnnya :
(peripheral) -> tidak perlu menggunakan spasi 

8. Kesalahan Huruf Kapital :
Dengan memakai bahasa pemrograman visual basic, dan sebuah komputer terhubung ke IC PPI 8255 menggunakan kabel DB25 maka rankaian perantara I/O paralel yang dirancang memakai IC PPI 8255 dapat dibuat, yang dirancang memakai IC PPI 8255 dapat dibuat, dihubungkan dan diprogram melalui komputer.
Seharusnya Penulisannya :
Visual Basic -> huruf depannya menggunakan kapital.

9. Kesalahan Tanda Baca terdapat di halaman 29 :
Menu Visual Basic berisi semua perintah dalam Visual Basic yang dapat dipilih untuk melakukan tugas tertentu
Seharusnya Penulisannya :
tertentu. -> menggunakan titik di akhir kalimat

10. Kesalahan Huruf Kapital terdapat di halaman 32 :
Pemanfaatan PPI 8255 dan bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 sebagai media pembelajaran pada mata kuliah teknik antarmuka.
Seharusnya Penulisannya :
Teknik Antarmuka -> menggunakan huruf kapital untuk kata yang terdapat di dalam judul



-Mengubah Catatan Kaki menjadi Daftar Pustaka-



1.       Catatan kaki

Yudhi munadi, Media Pembelajaran, (Jakarta : Gaung perdana press, 2008),

Daftar Pustaka

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung perdana press.



2.       Catatan kaki

Udin S. Winatapura dan Tita Rosita, Belajar Mengajar. (Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996), hal 2.

Daftar Pustaka
Winatapura, Uding S dan Tita Rosita. 1996. Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

3.       Catatan kaki
Muhammad Surya, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. (Bandung : IKIP Bandung, 1997), hal.9.
Daftar Pustaka
Surya, Muhammad. 1997. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: IKIP Bandung.

4.       Catatan kaki
Eko Hadi Wiyono, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, (Palanta, 2007).
Daftar Pustaka
Wiyono, Eko Hadi. 2007. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Palanta.

5.       Catatan kaki
Jan Axelson, Parallel Port Complete (Winnebago St. Madison : Lakeview Research, 1996), hal 1.
Daftar Pustaka
Axelson, Jan. 1996. Parallel Port Complete. Winnebago St. Madison: Lakeview Research.

6.       Catatan kaki
Ralp M. Star, Jr, Computers In Today's World (United States of America : Richard D. Irwin, Inc, 1986), hal 442
Daftar Pustaka
Jr, Star  Ralph M. 1986. Computers In Today’s World. United States of America: Richard D.Irwin, Inc. 

7.       Catatan kaki
Retna Prasetia dan Catur Edi Widodo, Interfacing Port Paralel dan Port Serial Komputer dengan
Visual Basic 6.0, (Yogyakarta : ANDI Yogyakarta, 2004), hal. 49
Daftar Pustaka
Prasetia, Retna dan Catur Edi Widodo. 2004. Interfacing Port Paralel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

8.       Catatan kaki
Sumanto, Mesin Arus Search, (Yogyakarta : ANDI OFFSET, 1995), hal 117
Daftar Pustaka
Sumanto. 1995. Mesin Arus Search. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

9.       Catatan kaki
Trijaya Martha Nugraha, Robot tukang batu sebagai alat bantu kerja dalam membuat rumah (Hardware), (Surabaya : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, ITS, 2006), hal.19.
Daftar Pustaka
Nugraha, Trijaya Martha. 2006. Robot tukang batu sebagai alat bantu kerja dalam membuat rumah(Hardware).  Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, ITS. 

10.   Catatan kaki
Retna Prasetia dan Catur Edi Widodo, Op. Cit, hal 67.
Daftar Pustaka
Prasetia, Retna dan Catur Edi Widodo. Op. Cit.
 


JURNAL 




Nama : Nirmala Dewi A
NIM : 5235117161
Prodi : PTIK REG 2011

SIMULATOR ANTARMUKA KOMPUTER MENGGUNAKAN PPI 8255 DAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ANTARMUKA
Oleh
Nurul Rosita
Alumni Angkatan 2005 Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika dan TIM Kurikulum di SMK Daarut tauhid Boarding School Bandung.

Muhammad Yusro
Dosen Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika

Pitoyo Yuliatmojo
Dosen Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika

Nirmala Dewi A
Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Nomor Registrasi 5235117161
ABSTRACT
Nurul Rosita, Simulator Computer Interface Using the PPI 8255 and Visual Basic 6.0Programming Language For Learning of Interface Engineering Subject. Skripsi, Jakarta:Faculty of Engineering, State University of Jakarta,2010. The aim of this research is to makethelearning equipment assistance of Technique Interfacing subject. Input,output using the PPI 8255 at mode 0operation, and programming languageVisual Basic 6.0 of computer interfacing. Research conducted in the electronicslaboratory Department Of  Electrical Engineering Faculty of Engineering University of Jakarta. This research hasdone for 2 semester, start from semester 090 to semester 091, using the methods of laboratory experiment. Simulator consists of 3 blocks. They are block processes, block input and output blocks. Input block consists of pushbutton as input variations flame 8-bit LEDand DC motor. Block the process, namelythe PPI 8255 at mode 0 operation using the parallel port and the programming language Visual Basic 6.0. Output block consists of 8-bit LED output, DC motor, stepper motor, and Seven Segment.
Kata Kunci : Simulator, PPI 8255 Mode 0, Teknik Antarmuka Komputer



Teknik Antarmuka
Revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi, perubahan masyarakat, pemahaman carabelajar anak, kemajuan media komunikasi dan informasi dan lain sebagainya memberi arti tersendiri bagi kegiatan pendidikan. Tantangan tersebut menjadi salah satu dasar pentingnya pendidikan teknologis dalam pengelolaan pendidikan dan pengajaran.
Salah satu faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar adalah faktor instrumental. Faktor instrumental adalah faktor yangkeberadaannya dan penggunaannya dirancang sesuai dengan hasil belajar yangdiharapkan. Faktor – faktor ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana untuk tercapainya tujuan – tujuan belajar yang telah direncanakan.
Fungsi media pembelajaran adalah sebagai sumber belajar. Dalam kata “sumber belajar “ ini tersirat makna keaktifan, yakni sebagai penyalur, penyampai, penghubung dan lain–lain. Oleh karena itu, media pembelajaran dapat meningkatkan perhatian peserta didik terhadap materi ajar. Semakin dekat pengalaman belajar menyerupai kondisi dimana peserta didik akan menggunakan pelajaran yang telah mereka dapat, semakin efektif dan permanen pembelajaran tersebut. 
Benda asli dan benda tiruan mempunyai kegunaan yang unik. Ada banyak cara dimana keikutsertaan siswa dapat didorong dengan benda tersebut. dalam mata kuliah keahlian khusus yang membutuhkan mengoperasikan atau menggunakan benda asli, maka sebuah peragaan menjadi penting, karena pengalaman langsung merupakan
Di Universitas Negeri Jakarta Jurusan Teknik Elektro, Teknik Antarmuka merupakan mata kuliah berbobot 3 sks, yang terdiri dari teori dan praktik. Dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, yaitu sebuah media belajar untuk praktik, sehingga pemahaman secara teoritis mengenai mata kuliah Teknik Antarmuka dapat diaplikasikan dan dikembangkan oleh mahasiswa dalam matakuliah praktik Teknik Antarmuka.
Sebuah komputer dapat dimanfaatkan sebagai pengendalian instrumen elektronika, jika ditambahkan rangkaian interface(perantara) I/O yang dihubungkan ke portparalel di sebuah PC yang digunakan. Pemakaian PC dan bahasa pemrogramanvisual basic sebagai pengendalian instrumen elektronika memiliki keunggulan yaitu pada PC dapat dibuat program tampilan di layar komputer sehingga tampilan menjadi lebih menarik, yang akan memberikan panduan terhadap perangkat eletronika yang akan dikendalikan.
Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai mata multimedia. Dan pada pengalaman ini, banyak indera yang terlibat. Peserta didik dapat mengoperasikan objek dengan konsep, tindakan fisik dengan informasi tertentu.
Kuliah Teknik Antarmuka adalah dengan menggunakan simulator. Pembelajaran dengan menggunakan simulator banyak keuntungan. Teori dalam Teknik Antarmuka dapat langsung dipraktikan. Pembelajaran dengan praktik juga lebih menyenangkan serta mudah dipahami.
Dengan adanya simulator antarmuka diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami mata kuliah Teknik Antarmuka.
Perumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimana cara membuat simulator antarmuka komputer menggunakan PPI 8255 dan bahasa pemrograman visual basic 6.0 sebagaimedia pembelajaran Teknik Antarmuka. Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1.      Menambah ilmu pengetahuan tentang pengendalian PPI 8255 pada mode 0 dengan antarmuka port paralel PC.
2.      Sebagai media pembelajaran yang membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah Teknik Antarmuka.
3.      Sebagai bahan kajian dalam penelitian selanjutnya.
Berdasarkan latar belakang dan indetifikasi masalah, maka pada penelitian ini masalah dibatasi pada bagaimana pembuatan simulator antarmuka komputer menggunakan PPI 8255 pada mode 0, dan bahasa pemrograman visual basic 6.0 sebagai media pembelajaran Teknik Antarmuka.
            Perumusahan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimanakah membuat simulator antarmuka computer menggunakan PPI 8255 dan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 sebagai media pembelajaran Teknik Antarmuka?
Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1.      Menambah ilmu pengetahuan tentang pengendalian PPI 8255 pada mode 0 dengan antarmuka port paralel PC.
2.      Sebagai media pembelajaran yang membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah Teknik Antarmuka.
3.      Sebagai bahan kajian dalam penelitian selanjutnya.
Tujuan Penelitian ialah Membuat simulator antarmuka komputer berbasis PC dengan perangkat atau modul input dan output sebagai alat bantu pembelajaran praktikum Teknik Antarmuka.
            Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen laboratorium.
PEMBAHASAN
Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.1
Proses tersebut bisa didapatkan dari media belajar yang digunakan berupa audio, visual, audiovisual, teknologi berbasis komputer dan sebagainya.
Penggunaan simulator antarmuka komputer merupakan salah satu contoh pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai proses dalam mengendalikan input atau output. Pembelajaran ini memberikan informasi secara visual atau melalui perangkat keras yaitu berupa input maupun output sehingga seseorang dapat berinteraksi langsung dengan simulator tersebut. Dengan proses tersebut maka penyampaian pesan belajar sangat efektif yaitu seseorang lebih mengingat (paham), jika pembelajaran tidak hanya sebatas teori tetapi juga praktiknya.
Mata kuliah Teknik Antarmuka berbobot 3 sks, terdiri dari teori dan praktik. Tujuan instruksional umum dari mata kuliah Teknik Antarmuka yaitu Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa dapat memahami perangkat antar muka dan peripheral dengan baik dan dapat merancang suatu alat dengan menggunakan berbagai jenis antarmuka dan peripheral tersebut.
Simulator adalah alat untuk melakukan simulasi, alat peraga untuk  pemainan simulasi.2
Simulasi adalah metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sebenarnya.3 Simulator antarmuka komputer dalam penelitian ini adalah sebagai media pembelajaran matakuliah Teknik Antarmuka yang berisi 5 perangkat elektronika penguji. Pemanfaatan PPI 8255 dan bahasa pemrograman visual basic 6.0 sebagai media pembelajaran pada mata kuliah teknik antarmuka, dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada mahasiswa saat kegiatan praktikum matakuliah Teknik Antar Muka. Agar sebuah komputer dapat berkomunikasi dengan perangkat luar (peripheral) maka diperlukan sebuah perantara ( interface ) I/O sebagai penghubung. Melalui perantara I/O ini komputer dapat berkomunikasi (mengolah/bertukar data) dengan perangkat elektronika yang digunakan sebagai peripheral.
Untuk membuat rangkaian perantara I/O paralel dibutuhkan sebuah IC bertipe PIO (programmable Input Output). PIO adalah istilah yang digunakan untuk  beberapa IC perantara I/O paralel yang dapat diprogram.
IC PPI 8255 terdiri dari 3 buah port, yaitu port A, port B dan port C. Untuk mengaktifkan IC PPI 8255 dilakukan melalui pin (CS) chip selectnya. Teknik antarmuka membutuhkan bahasa pemrograman sehingga perangkat luar dapat dikendalikan, salah satunya menggunakan Visual Basic 6.0. Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 yaitu perangkat lunak untuk menyusun program aplikasi yang bekerja dalam lingkungan sistem operasi windows.
Dengan memakai bahasa pemrograman visual basic, dan sebuah komputer terhubung ke IC PPI 8255 menggunakan kabel DB25 maka rangkaian perantara I/O paralel yang dirancang memakai IC PPI 8255 dapat dibuat,dihubungkan dan diprogram melalui komputer. Sehingga sebuah komputer dapat mengendalikan beberapa macam perangkat elektronika penguji, yaitu : LED, pushbutton, Motor DC, motor Stepper dan seven segment.
METODE PENELITIAN
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian dilaksanakan pada perkuliahan semester genap dan semester ganjil periode2009/2010. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimenlaboratorium.
HAKEKAT PEMBELAJARAN
Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Proses belajar tersebut bisa didapatkan dari media belajar yang digunakan berupa audio, visual, audio-visual, teknologi berbasis komputer dan sebagainya.
HAKEKAT PEMBELAJARAN TEKNIK ANTARMUKA
Tujuan instruksional umum dari matakuliah Teknik Antarmuka yaitu Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa dapat memahami perangkat antar muka dan peripheral dengan baik dan dapat merancang suatu alat dengan menggunakan berbagai jenis antar muka dan peripheral tersebut. Tujuan instruksional khusus mata kuliah Teknik Antarmuka yaitu setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat :
1.      Memahami perangkat antarmuka dan peripheral dengan baik dan dapat merancang suatu alat dengan menggunakan berbagai jenis antarmuka dan peripheral tersebut,
2.       Menjelaskan perangkat antarmuka dan peripheral,
3.      Menjelaskan jenis-jenis peripheral,
4.      Menguraikan standar antarmuka,
5.      Menerangkan aplikasi antarmuka dan peripheral secara umum,
6.      Menjelaskan perangkat peripheraloptik.
7.      Menjelaskan jenis-jenis peripheral optik yang sering dipakai dalam perancangan,
8.      Menerangkan display 7 segment berikut data-sheet dan contoh aplikasinya,
9.      Merancang dengan menggunakan 7 segment display,
10.  Menjelaskan perangkat LiquidCrystal Display (LCD),
11.  Menjelaskan jenis-jenis LiquidCrystal Display (LCD).
12.  Menerangkan LCD HD44780U berikut data-sheet dan contoh aplikasinya,
13.  Merancang dengan menggunakan LCD,
14.  Menjelaskan perangkat Analog toDigital Converter (ADC),
15.  Menjelaskan jenis-jenis Analog to Digital Converter (ADC).
16.  Merancang dengan menggunakanADC,
17.  Menjelaskan perangkat Digital to Analog Converter(DAC),
18.  Menjelaskan jenis-jenis Digital to Analog Converter(DAC),
19.  Merancang dengan menggunakan DAC,
20.  Menjelaskan perangkat antar muka antar muka Serial dan Paralel,
21.  Menjelaskan jenis-jenis antar muka Serial dan Paralel,
22.  Menjelaskan antar muka serial jenis RS-232 &SR-422/423,
23.  Menjelaskan antarmuka paralel jenis GPIB & IEEE-488.
24.  Merancang alat dengan menggunakan antar muka serial dan paralel.
MEDIA PEMBELAJARAN
Pengertian media dalam proses belajar–mengajar cenderung diartikan sebagai alat–alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal2.
RANCANGAN PEMBUATAN SIMULATOR
Simulator adalah alat untuk melakukan simulasi3. Simulasi adalah metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sebenarnya4. Simulator antarmuka computer dalam penelitian ini adalah sebagai media pembelajaran matakuliah Teknik Antarmuka yang berisi 5 perangkat penguji
Simulator sebagai media pembelajaran Teknik Antarmuka dapat meningkatkan perhatian mahasiswa terhadap materi ajar karena semakin dekat pengalaman belajar dengan pelajaran yang akan dipelajari, maka semakin efektif dan permanen pelajaran tersebut. Pemanfaatan PPI 8255 dan bahasa pemrograman visual basic 6.0 sebagai media pembelajaran pada mata kuliah teknik antarmuka, dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada mahasiswa saat kegiatan praktikum mata kuliah Teknik Antar Muka. Agar sebuah computer dapat berkomunikasi dengan nperangkat luar (peripheral) maka diperlukan sebuah perantara (interface) I/O sebagai penghubung. Melalui perantara I/O ini computer dapat berkomunikasi dengan perangkat elektronika yang digunakan sebagai perferal. Untuk membuat rangkaian perantara I>O parallel dibutuhkan sebuah


IC bertipe PIO (Programmable Input Output). PIO adalah istilah yang digunakan untuk beberapa IC perantara I/O parallel yang dapat deprogram. IC PPI
8255 terdiri dari 3 buah port yaitu port A, port B, dan port C. Untuk mengaktifkan IC PPI 8255 dilakukan memalui pin chip select. Teknik antarmuka membutuhkan bahasa pemrograman sehingga perangkat luar dapat dikendalikan, salah satunya menggunakan Visual Basic 6.0. Bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 yaitu perangkat lunak untuk menyusun program aplikasi yang bekerja dalam lingkungan system operasi windows5. Dengan memakai bahasa pemrograman visual basic dan sebuah computer terhubung ke IC PPI 8255 menggunakan kabel DB25 maka rangkaian perantara I/O parallel yang dirancang memakai IC PPI 8255 dapat dihubungkan dan diprogram melalui computer. Sehingga sebuah computer dapat mengendalikan beberapa macam perangkat elektronika penguji, yaitu : LED,Pushbutton, Motor DC, motor stepper dan Seven Segment.
Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Elektro FakultasTeknik Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian pada perkuliahan semester genap dan semester ganjil periode 2009/2010. Dan Metode yang digunakan adalah metode eksperimen laboratorium.

Hasil Penelitian
Adapun Hasil Pengujian Input Push Button Berdasarkan data pengujian pada Tabel 14, dapat disimpulkan bahwa input push button dapat bekerja dengan baik, karena sesuai pengujian.

Tabel 14 Input Push Button
Kondisi Push
Tegangan Port A
Tegangan Port B
Kondisi LED
Tidak Ditekan
4.2 V
0 V
Mati
Ditekan
0 V
4.2 S
Nyala

Hasil Pengujian Kondisi Output LED
Berdasarkan data pengujian pada Tabel 15,dapat disimpulkan bahwa output LED dapat bekerja dengan baik, karena sesuai dengan criteria pengujian.

Tabel 15 Kondisi Output LED
Level Logika
Tegangan Port
Kondisi LED
0
0 V
Mati
1
4.2 V
Nyala

Hasil Pengujian Output Motor DC
Berdasarkan data hasil pengukuran padaTabel 16, dapat disimpulkan bahwa output motor DC bekerja dengan baik, karena sesuai dengan criteria pengujian.

Tabel 16 Output Motor DC
Level Logika PPI 8255
Tegangan PIN IC 1293 (Volt)
Arah Putaran Motor
PB
1
PB
0
Input
Output
4
A
3
A
4Y
3Y
0
1
0.1
3.4
0.6
3.18
Kanan
1
0
3.4
0.1
3.18
0.6
Kiri

Hasil Pengukuran Output Motor Stepper
Berdasarkan data hasil pengukuran pada Tabel 17, dapat disimpulkan bahwa output bekerja dengan criteria pengujian. Dengan hal tersebut maka motor ini bekerja dengan baik.

Tabel 17 Motor Stepper
Level Logika PPI 8255
Tegangan PIN IC 74LS24N
PC 3
PC 2
PC 1
PC 0
Y4
Y3
Y2
Y1
0
0
0
1
0.1
0.1
0.1
3
0
0
1
0
0.1
0.1
3
0.1
0
1
0
0
0.1
3
0.1
0.1
1
0
1
0
3
0.1
0.1
0.1




Hasil Pengujian Kondisi Output Seven Segment
Berdasarkan data hasil pengukuran padaTabel 18, dapat disimpulkan bahwa outputSeven Segment dapat bekerja dengan baik,karena sesuia dengan criteria pengujian.

Tabel 18 Output Seven Segment
Level Logika
Output Tampilan
Input
Output
D
C
B
A
a
b
c
d
e
f
g
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
0
0
0
1
1
0
0
1
1
1
1
1
0
0
1
0
0
0
1
0
0
1
0
2
0
0
1
0
0
0
0
0
1
1
0
3
0
1
0
1
1
0
0
1
1
0
0
4
0
1
0
0
0
1
0
0
1
0
0
5
0
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0
6
0
1
0
0
0
0
0
1
1
1
1
7
1
0
1
0
0
0
0
0
0
0
0
8
1
0
0
0
0
0
0
1
1
0
0
9

Hasil Pengujian Perangakt Lunak
Pengujian menggunakan konsep Blax Box yaitu pengujian yang mengabaikan mekanisme internal system atau komponendan focus semata–mata pada output yang dihasilkan yang merespon input yang dipilih dan kondisi ekekusi. Berikut hasil table pengujian Black Box pada simulato PPI 8255 ditujukan pad Tabel 19.

Tabel 19 Hasil Pengujian Black Box
Judul
Skenario
Hasil yang diharapkan
Hasil Pengujian
1.        tombol pilihan simulasi
Mouse di arahk an pada tombol pilihan simulasi  yang berada pada tiap form
Muncul tombol yaitu tombol LED dan Push Button, Motor DC, Motor Stepper dan Seven Segmen l
berfungsi dengan baik
2.        tombol LED dan Push Button
Tombol LED dan Push Button di tekan
Muncul form simulasi push button dan LED
berfungsi dengan baik
3.        tombol nyalakan semua
Tombol nyalak an semua LED pada simulasi push button dan LED di klik
semua LED menyala
berfungsi dengan baik
4.        tombol matikan semua LED
Tombol matikan semua LED pada simulasi push button dan LED di klik 
semua LED mati
berfungsi dengan baik
5.        tombol berjalan dari kanan
Tombol berjalan dari kanan pada simulasi push button dan LED diklik
LED berjalan dari kanan
berfungsi dengan baik
6.        tombol berjalan dari kiri
Tombol berjalan dari kiri pada simulasi push button dan LEDdi klik
LED berjalan dari kiri
berfungsi dengan baik
7.        tombol berjalan dari tengah
Tombol berjalan daritengah pada simulasi push button danLED di klik
LED berjalan dari tengah
berfungsi dengan baik
8.        tombol berhenti
Tombol berhenti pada simulasi push button dan LED
LED berhenti berjalan
berfungsi dengan baik



9.        tombol Inisialisasi
Tombol inisialisasipada simulasi push button dan LED di klik
Muncul huruf FF pada text Box
berfungsi dengan baik
10.      tombol motor dc
tombol motor DC di klik
Muncul form simulasi motor DC
berfungsi dengan baik
11.      tombol inisialisasi
Tombol inisialisasipada simulasi Motor DC di klik
Muncul huruf FF pada text Box
berfungsi dengan baik
12.      Tombol Clock wise
Tombol Clock wise pada simula si Motor DC diklik 
DC berputar searah jarum jam
berfungsi dengan baik
13.      Tombol Counter Clock wise
Tombol Counter Clock wisepada simulasi Motor DC diklik
DC berputar berlawanan jarum jam
berfungsi dengan baik
14.      tombol berhenti
Tombol berhenti pada simulasi Motor DC diklik
Motor DC berhenti berputar
berfungsi dengan baik
15.      Tombol Motor Stepper
Tombol motor Stepper diklik 
Munculformsimulasi motorSteppe
berfungsi dengan baik
16.      option clock
option clock wise
motor stepper berputar
berfungsi dengan baik
17.      Option Counter Clock wise
Option Counter Clock wise pada simulasimotor stepper di klik
Motor stepper berputar berlawanan jarum jam
berfungsi dengan baik
18.      Tombol berhenti
Tombol berhenti pada simulasi Motor stepper di klik
Motor stepper berhenti berputar
berfungsi dengan baik
19.      tombol seven segment
tombol seven segment di klik
Muncul form simulasi seven segment l
berfungsi dengan baik
20.      tombol enter
tombol enter pada form simulasi seven segment diklik
pada seven segment akan muncul angka sesuai yang dipilih pada combo box
berfungsi dengan baik

PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
Analisa Hasil Pengujian
Pengujian media ini terdiri dari pengujianblok–blok system yang terdiri dari blok input, blok proses, blok output dan pengujian perangkat lunak. BLok input yaitu port parallel computer pribadi danPPI 8255 yang dikendalikan bahasa pemrogramman Visual Basic 6.0 dilingkungan windows menggunakan file input32. dll untuk mengakses port parallel, digunakan untuk memberikan data dan sinyal ke PPI 8255. Dari hasil pengujian perangkat lunak didapatkan programVisual Basic 6.0 di lingkungan windows dapat mengakses port parallel dan PPI 8255 pada blok proses system yaitu system rangkaian Port Paralel dan PPI 8255 bekerja dengan baik. Tegangan yang keluar dari tiap port PPI 8255 sebesar 4,8 V Blok Input yaitu Push Button yang terhubung ke port A PPI 8255 melalui IC buffer dapat dibaca oleh program. Blok Output yaitu LED, motor DC, Motor Stepper. dan Seven Segment digerakkan dengan baik. Tegngan 4,8 V yang keluardari PPI 8255 dapat menggerakkn ICL293D dan transistor.

Kelebihan dan Keterbatasan Alat
            Kelebihan alat
Jika dibandingkan dengan menggunakan port paralel DB-25, maka simulator antarmuka komputer yang menggunakanPPI 8255 dapat mengendalikan perangkat elektronik lebih banyak. Dengan menggunakan PPI 8255 pada mode 0,terdapat 24 I/O yang dapat diatur sebagai input atau output. Dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, tampilan simulasi dapat dibuat menarik dan interaktif.
Keterbatasan alat
Simulator antar muka komputer inidirancang hanya bekerja pada Mode 0. Dan Perangkat input dan output yang terdapat pada simulator antar muka yang penulis buat masih belum lengkap.
KESIMPULAN
IC PPI 8255 dapat dikendalikan oleh port paralel sebagai antarmuka komputer dalam merancang suatu simulator antarmuka computer sebagai media pembelajaran mata kuliah Teknik Antarmuka. Menggunakan PPI 8255 dapat memperbanyak I/O computer dibandingkan hanya menggunakan port paralel sehingga dapat mengendalikan banyak program. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu VisualBasic 6.0 yang berada di lingkungan windows dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman antarmuka komputer dengan desain yang menarik untuk mengendalikan perangkat elektronik. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi media pembelajaran mata kuliahTeknik Antarmuka yang bermanfaat sehingga mahasiswa lebih mudah dalam melaksanakan praktikum mata kuliah Teknik Antarmuka.


SARAN
Sebaiknya perhatikan penggunaan EYD pada penulisan skripsi ini karena masih banyak kalimat yang tidak efektif dan terdapat banyak kesalahan tanda baca. Agar tampilannya tidak kaku, maka bahasa pemrograman harus dipilih yang semenarik mungkin misalnya labview. Sebaiknya diberikan penjelasan program yang dibuat dengan Visual Basic 6.0 agar dapat dipahami oleh pembaca. Media yang digunakan hendaknya memakai port serial sehingga dapat meminimalisir biaya dan jumlah kabel. Simulator seperti ini hendaknya bisa dicontoh sebagai media pembelajaran bagi mata kuliah lain.
DAFTAR PUSTAKA
Axelson, Jan. Parallel Port Complete. Winnebago St. Madison :LakeviewResearch, 1996.

Hadi Wiyono, Eko. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Palanta, 2007

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Perdana Press, 2008.

Retna Prasetia dan Catur Edi Widodo, Interfacing Port Paralel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0. Yogyakarta : ANDI Yogyakarta,2004

Surya, Muhammad. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung :IKIP Bandung, 1997.

Sutadi,Dwi. I/O Bus & Motherboard .Yogyakarta : ANDI Yogyakarta,2004.

Udin S. Winatapura dan Tita Rosita. Belajar  Mengajar. Jakarta :Departemen Pendidikan Kebudayaan, 1996.

Wiyono, Didik. Panduan Praktis Mikrokontroler keluarga AVR Menggunakan DT-Combo AVR-51 Starter Kit dan DT-Comboexercise Kit. Surabaya : Innovative Electronics, 2007.


TUGAS KALIMAT EFEKTIF :
Tugas membuat Moodle E-learning

e-Learning yang dibuat ada di situs:


disini kami menggunakan domain gratis, jadi yang dihasilkan bukanlah .com / .co.id / .sch.id
silahkan coba linknya :) dan masuk menggunakan user: murid1 dengan password : Murid_01

Kekurangan dari moodle tersebut :

  • karena kekurangan informasi mengenai moodle online, maka ada sedikit fitur yang belom bisa ditampilkan
  • masih belum bisa membuat / register sendiri. ketika ingin membuat user, harus izin kepada user administrator agar dibuatkan usernya
  • karena baru, jadi soal yang digunakan hanya sedikit dan seadanya. karena masih belum terbiasa dengan fitur yang disediakan moodle tersebut

Kelompok moodle :

  • Dwika Ikhwal Fajri - 5235111816 - Kepala Sekolah
  • Zaeri Khoirudin - 5235111821 - Guru 1
  • Bayu Pandito - 5235111837 - Guru 2
  • Aryo Khoirul Ikhsan - 5235111822 - Guru 3
  • Husein Ali M. A. I - 5235111819 - Guru 4
  • Denny Gunawan - 5235111814 - murid 1
  • Siti Nur Fatimah - 5235111851 - murid 2
  • Nirmala Dewi - 5235117161 - murid 3

 

No comments:

Post a Comment